Catatan: Teknik Komputer dan Jaringan | Toni Wahyudi: Tutorial setting awal mikrotik RB750 + cara membagi bandwidth otomatis supaya adil

Friday, July 20, 2012

Tutorial setting awal mikrotik RB750 + cara membagi bandwidth otomatis supaya adil

disini yg digunakan
1. RB 750 versi 4.11
2. akses internet pake speedy dg modem bawaan speedy
3. menggunakan winbox

tutorial ini untuk newbie, coz ane jg newbie yg mencoba berbagi

LANGKAH AWAL MASUK WINBOX
1. pastikan dulu koneksi dari modem ke akses point dah berjalan lancar. kalo dah oke, lepas semua kabel koneksinya
2. colok modem ke eth1, komputer/laptop ke eth2. lupakan dulu akses pointnya
3. buka browser, ketik 192.168.88.1. akan keluar spt ini. donwload winboxnya

Spoiler for download winbox:


[Image: donlot-winbox.jpg]


4. jalankan winbox
5. bagian connect to, klik browse (titik tiga), pilih mac address yg ada
6. pastikan login=admin dan passwordnya kosong. klik connect
7. PENTING pertama kali akan keluar box spt dibawah ini. klik Remove Configuration
Spoiler for remove:

[Image: removeconf.jpg]


8. sukses masuk winbox
Spoiler for winbox:

[Image: winbox.jpg]



LANGKAH-LANGKAH MENGHUBUNGKAN MIKROTIK DENGAN KOMP/LAPTOP
1. ubah nama interface.
ini hanya untuk memudahkan kita saja.
caranya klik menu interface.ubah nama interface eth1 dengan nama internet atau modem atau speedy sesuka kita. eth2 ubah jadi wan atau wireless atau akses point sesuka kita jg. caranya klik 2x list interface yg ada
Spoiler for interface:

[Image: interface.jpg]


2. setting IP address
untuk "memberi identitas IP pada masing2 eth yg kita gunakan
caranya klik IP-Addresses. klik tanda +. masukkan IP address untuk eth1.

karena IP address modem speedy biasanya 192.168.1.1 maka disini kita masukkan 192.168.1.2/24. pilih interface=nama interface eth1. klik OK. nanti isian network sama broadcast akan terisi sendiri karena ada /24 itu. /24 disini maksudnya subnett. apa itu subnett? coba anda googling subnetting
Spoiler for IP address:

[Image: set-ip.jpg]


klik tanda + lagi untuk kasih IP yg eth2. disini saya pake IP 192.168.3.1/24. dibedakan sama eth1 td dimana angka yg ketiga pake '1' sedangkan ini pake '3'. anda bebas mo pake berapa antara 2-254
kalo anda sudah paham subnetting, /24 bs diganti sesuai dengan subnet anda. tp biar ga ribet, pake /24 aja. hehehe

3. setting gateway
klik IP-Routes. klik +. isikan gateway dg 192.168.1.1
Spoiler for gateway:

[Image: routes.jpg]



4. setting DNS
klik IP-DNS. klik setting. masukkan DNSnya.
Spoiler for DNS:

[Image: DNS.jpg]


dari mana saya dapat DNS? buka settingan modem speedy anda. buka browser, ketik 192.168.1.1
Spoiler for DNS speedy:

[Image: dns-speedy.jpg]



5. coba test ping dari mikrotik ke modem
buka New Terminal. ketik ping 192.168.1.1. kalo reply dah OK
lalu coba test ping ke DNS speedy pake DNS yg td dimasukkan

6 setting NAT
apa gunanya NAT?
Quote:

NAT (Network Address Translation) Firewall secara otomatis menyediakan proteksi terhadap sistem yang berada di balik firewall karena NAT Firewall hanya mengizinkan koneksi yang datang dari komputer-komputer yang berada di balik firewall. Tujuan dari NAT adalah untuk melakukan multiplexing terhadap lalu lintas dari jaringan internal untuk kemudian menyampaikannya kepada jaringan yang lebih luas (MAN, WAN atau Internet) seolah-olah paket tersebut datang dari sebuah alamat IP atau beberapa alamat IP
sumber:wiki
pemahaman simple saya, agar klien di belakang mikrotik dengan berbagai macam IP Address bs komunikasi ke internet dengan menggunakan IP public yg disediakan speedy. maafkan kalo pemahaman saya salah

caranya klik IP-Firewall. klik tab NAT
di tab general, pilih chain=srcnat, src address=192.168.3.0 (network address eth2)
Spoiler for NAT:

[Image: NAT-general.jpg]



trus klik tab action, pilih action=masquerade
Spoiler for NAT masquerade:

[Image: masqurade-1.jpg]



7. skrg coba test ping dari komp/laptop ke gateway (192.168.1.1)
trus coba test ping ke yahoo.com
kalo sukses berarti dah bs konek ke internet.

cabut kabel di komp/laptop, hubungkan dengan akses point. coba konek ke akses point dan coba ngenet. harusnya sukses.
catatan: set IP Address akses point 192.168.3.10. pastikan sama-sama '3' seperti IP address eth2 tadi

SETTING TAMBAHAN
1. seting jam dan tanggal mikrotik
RB750 ga ada baterai kyk di motherboard yg clocknya tetep jalan meski komp/laptop mati. kalo RB direset, waktunya jg ke-reset. biar jam dan tanggal selalu up date, perlu diset disesuaikan dengan server yg ada
caranya klik System-NTP Client.cek enabled. masukkan primary NTP server dan secondary. contoh dibawah pake servernya microsoft
Spoiler for NTP:

[Image: NTP.jpg]


sesuaikan clock mikrotik menjadi GMT +7 (jakarta). klik System-Clock. pilih time zone=asia/jakarta
Spoiler for clock:

[Image: clock.jpg]



2. backup dan restore
saat kita nyoba2 setting, kadang kita ada kesalahan. dan ga tau gmn mengembalikannya seperti sebelumnya. untuk kita perlu memback-up settingan dan merestorenya saat dibutuhkan
caranya backup
klik Files. klik tombol Back up. nanti akan menghasilakan file backup
Spoiler for backup:

[Image: backup.jpg]


kita tinggal menyimpan file backup td ke harddisk komp/laptop. caranya tinggal drag and drop

cara merestore tinggal memilih file backupnya dan klik Restore

sekian dulu. nanti saya lanjutin cara setting DHCP server, setting hotspot dan radius, usermanager, dll. oya tutorial ini berdasarkan pengalaman ane. dan ane coba mengingat2 apa yg kmrn ane kerjakan. mungkin ada yg terlewat, mhn dikoreksi bersama


lanjutan
b]SETTING DHCP[/b]
disini kita mo bikin klien yg konek ke jaringan kita, otomatis dapat IP Address yg 'digenerate' oleh mikrotik. jadi kita ga perlu pusing memberi IP Address

catatan: yg dikasih IP Address DHCP hanya klien saja. akses pointnya kita set manual IP Addressnya agar bisa diakses di kemudian hari

1. klik IP-DHCP Server. klik DHCP Setup
Spoiler for DHCP:

[Image: 1dhcp.jpg]


pilih nama interface eth2
Spoiler for dhcp interface:

[Image: dhcp-interface.jpg]


next, nanti otomatis DHCP address space di subnet yg sama dg eth2
Spoiler for dhcp address space:

[Image: dhcp-address-space.jpg]


next. nanti otomatis terisi gatewaynya yaitu eth2
Spoiler for dhcp gateway:



next, isikan range dhcp yg mau diberikan. saya ngeset antara 50-250
Spoiler for dhcp address range:

[Image: dhcp-add-give.jpg]


next. nanti otomatis terisi DNS spt yg diset tadi
next. isikan lease time. disini artinya brp lama ip address yg diberikan expired. disini saya isi 3 hari. jadi kalo ada klien yg dpt IP address dan pada saat expired (3 hari) kemudian dia tidak lagi konek, maka IP address tsb dihapus. ini berguna untuk menghemat IP address kita
Spoiler for dhcp expired:

[Image: dhcp-lease-time.jpg]


Sumber



Cara Membagi Bandwidth Otomatis Adil dan Sama Rata di Mikrotik Router



[Image: Cara%2BMembagi%2BBandwidth%2BOtomatis%2B...2Bawal.jpg]
Membagi Bandwidth Otomatis di Mikrotik Router ini lebih menyenangkan di timbangkan Membagi bandwidth Mikrotik Rouuter Secara manual.

Systemnya di sini adalah misalkan anda mempunyai bandwidth 512Kbps sebanyak 10 komputer,jika yang main Cuma satu computer maka bandwidth yang di dapat adalah 512Kbps,jika yang main dua computer maka bandwidth yang di dapat 256Kbps Per komputer,jika yang main empat computer maka bandwidth yang di dapat 128Kbps Per computer,begitu seterusnya,pembagian tersebut Secara Otomatis di lakukan mikrotik Router,begini tutorialnya:

--Copykan Perintah di bawah ini kemudian Pastekan di “Notepad”

/ip firewall mangle add chain=forward src-address=192.168.0.0/27 action=mark-connection new-connection-mark=users-con
/ip firewall mangle add connection-mark=users-con action=mark-packet new-packet-mark=users chain=forward
/queue type add name=pcq-download kind=pcq pcq-classifier=dst-address
/queue type add name=pcq-upload kind=pcq pcq-classifier=src-address
/queue tree add parent=local queue=pcq-download packet-mark=users
/queue tree add parent=public queue=pcq-upload packet-mark=users


--Kemudian Di Edit dengan keterangan:
1.Tulisan yang berwarna merah anda ganti dengan ip jaringan local anda misalkan ip address local di mikrotik anda yaitu 192.168.0.1 maka anda ganti 192.168.0.0/27

2.Tulisan yang berwarna Biru anda ganti dengan nama interface Ethernet mikrotik anda yang mengarah ke client,anda bisa lihat nama interface mikrotik anda yang mengarah ke client dengan mengetik perintah di new terminal winbox interface print

3.Tulisan yang berwarna Hijau anda ganti dengan nama interface Ethernet mikrotik anda yang mengarah ke modem,anda bisa lihat nama interface mikrotik anda yang mengarah ke modem dengan perintah di new terminal winbox interface print

--Setelah anda selesai mengedit perintah di atas di “Notepad” dengan benar maka buka winbox kemudian copykan perintah yang telah anda edit tadi di “Notepad”,kemudian di halaman utama winbox pilih “New Terminal” dan klik Kanan “Paste” dan Tekan “ENTER” pada keyboard laptop atau computer anda, seperti gambar di bawah ini:
[Image: www.wirelessrouterproxy.blogspot.com%2B-...B-%2B1.jpg]
[Image: www.wirelessrouterproxy.blogspot.com%2B-...B-%2B2.jpg]
[Image: www.wirelessrouterproxy.blogspot.com%2B-...B-%2B3.jpg]

--Selesai dan selamat mencoba--